Social Icons

Pages

Kamis, 14 Februari 2013

PIECES


Pengertian PIECES (Sistem Analisis)
      Untuk mengidentifikasi masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, dan pelayanan. Panduan ini dikenal dengan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service). Analisis dilakukan pada sistem informasi lama yang berupa hard copy seperti brosur apabila band tersebut akan mengadakan pentas. Dari analisis ini biasanya didapatkan beberapa masalah dan akhirnya dapat ditemukan masalah utamanya.

Pengertian dari masing-masing PIECES :

1. Analisis Kinerja Sistem ( Performance )
      Kinerja adalah suatu kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga sasaran dapat segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (throughput) dan waktu yang digunakan untuk menyesuaikan perpindahan pekerjaan (response time).

2. Analisis Informasi ( Information )
      Informasi merupakan hal penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen (marketing) dan user dapat melakukan langkah selanjutnya. Apabila kemampuan sistem informasi baik, maka user akan mendapatkan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan sesuai dengan yang diharapkan.

3. Analisis Ekonomi ( Economy )
      Pemanfaatan biaya yang digunakan dari pemanfaatan informasi. Peningkatan terhadap kebutuhan ekonomis mempengaruhi pengendalian biaya dan peningkatan manfaat. Saat ini banyak perusahaan dan manajemen mulai menerapkan paperless system (meminimalkan penggunaan kertas) dalam rangka penghematan. Oleh karena itu dilihat dari penggunaan bahan kertas yang berlebihan dan biaya iklan di media cetak untuk media publikasi, sistem ini dinilai kurang ekonomis.

4. Analisis Pengendalian ( Control )
      Analisis ini digunakan untuk membandingkan sistem yang dianalisa berdasarkan pada segi ketepatan waktu, kemudahan akses, dan ketelitian data yang diproses.

5. Analisis Efisiensi ( Efficiency )
      Efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumber tersebut dapat digunakan secara optimal. Operasi pada suatu perusahaan dikatakan efisien atau tidak biasanya didasarkan pada tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.

6. Analisis Pelayanan ( Service )
      Peningkatan pelayanan memperlihatkan kategori yang beragam. Proyek yang dipilih merupakan peningkatan pelayanan yang lebih baik bagi manajemen (marketing), user dan bagian lain yang merupakan simbol kualitas dari suatu sistem informasi.

P (Performance)   = kinerja sistem ( throughput, response time)
I (Information)  = informasi yg disajikan ( outputs, inputs, penyimpanan data)
E (Economics)  = benefit yg dapat diraih ( Costs, benefit)
C (Control)      = keamanan sistem.
E (Efficiency)    = efisiensi orang dan proses ( pengguna, mesin, people)
S (Service)       = layanan yang diberikan

Kerangka Pemecahan Masalah PIECES
PERFORMANCE
      1.Produksi - jumlah kerja seiama periode waktu
      2.Waktu respons - penundaan waktu rata-rata antara transaksi atau permintaan dengan respons ke    transaksi
INFORMATION
      A. Output
            1.Kurangnya informasi yang relevan dan diperlukan
            2.Kelebihan Informasi
            3.Informasi dalam bentuk frmat yang tidak berguna
            4.Informasi tidak akurat
            5.Informasi yang sulit diproduksi
            6.Informasi yang tidak tepat waktu dan penggunaannya
      B. Input
            1. Data tidak dapat di-capture
            2. Data tidak di-capture secara akurat - terdapat error
            3. Data di-capture secara berlebihan - data yang sama dicapture lebih dari sekali
            4. Data ilegal di-capture
      C. Data Tersimpan
            1.Data disimpan secara berlebihan dalam banyak file
            2.ltem-item data sama memiliki nilai-nilai berbeda, dalam file-flle berbeda
            3.Data tersimpan tidak akurat
            4.Data tidak aman dari vandalisme
            5.Data tidak diorganisasikan dengan baik.
            6.Data tidak fleksibel - tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan informasi baru dari                data tersimpan
            7.Data tidak dapat diakses
ECONOMICS
      Biaya
            1. Biaya tidak diketahui
            2. Biaya tidak dapat dilacak ke sumber
            3. Biaya terlalu tinggi
      Keuntungan
            1. Pasar-pasar yang baru dapat dieksplorasi
            2. Pemasaran saat ini dapat diperbaiki
            3. Pesanan-pesanan dapat ditingkatkan
CONTROL (dan Keamanan)
      A. Kontrol Keamanan Lemah
            1. Input data tidak diedit dengan cukup
            2. Adanya potensi kejahatan
            3. Adanya potensi pelanggaran Etika dam privacy
            4. Data tersimpan secara berlebihan
            5. Error pemrosesan terjadi oleh manusia, mesin atau perangkat lunak
            6. Error pembuatan keputusan terjadi
      B. Kontrol Keamanan Berlebihan
            1. Sistem menjadi lamban
            2. Pengendalian berlebihan shg mengganggu karyawan dan pelanggan
EFFICIENCY
      1. Penggunaan komputer, orang atau mesin membuang waktu
      2. Penggunaan komputer, orang atau mesin membuang material
SERVICE
      1. Sistem menghasilkan produk yang tidak akurat atau tidak konsisten ataupun tidak dapat terpercaya
      2. Sistem tidak mudah dipelajari atau tidak mudah digunakan
      3. Sistem tidak fleksibel untuk berubah
      4. Sistem tidak kompatibel dengan sistem lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar