Pengertian PIECES (Sistem Analisis)
Untuk
mengidentifikasi masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja,
informasi, ekonomi, pengendalian, efisiensi, dan pelayanan. Panduan ini dikenal
dengan analisis PIECES (Performance, Information, Economic, Control,
Efficiency, Service). Analisis dilakukan pada sistem informasi lama yang berupa
hard copy seperti brosur apabila band tersebut akan mengadakan pentas. Dari
analisis ini biasanya didapatkan beberapa masalah dan akhirnya dapat ditemukan
masalah utamanya.
Pengertian dari masing-masing PIECES :
1. Analisis Kinerja Sistem ( Performance )
Kinerja
adalah suatu kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga
sasaran dapat segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi
(throughput) dan waktu yang digunakan untuk menyesuaikan perpindahan pekerjaan
(response time).
2. Analisis Informasi ( Information )
Informasi
merupakan hal penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen
(marketing) dan user dapat melakukan langkah selanjutnya. Apabila kemampuan
sistem informasi baik, maka user akan mendapatkan informasi yang akurat, tepat
waktu dan relevan sesuai dengan yang diharapkan.
3. Analisis Ekonomi ( Economy )
Pemanfaatan
biaya yang digunakan dari pemanfaatan informasi. Peningkatan terhadap kebutuhan
ekonomis mempengaruhi pengendalian biaya dan peningkatan manfaat. Saat ini
banyak perusahaan dan manajemen mulai menerapkan paperless system (meminimalkan
penggunaan kertas) dalam rangka penghematan. Oleh karena itu dilihat dari
penggunaan bahan kertas yang berlebihan dan biaya iklan di media cetak untuk
media publikasi, sistem ini dinilai kurang ekonomis.
4. Analisis Pengendalian ( Control )
Analisis
ini digunakan untuk membandingkan sistem yang dianalisa berdasarkan pada segi
ketepatan waktu, kemudahan akses, dan ketelitian data yang diproses.
5. Analisis Efisiensi ( Efficiency )
Efisiensi
berhubungan dengan bagaimana sumber tersebut dapat digunakan secara optimal.
Operasi pada suatu perusahaan dikatakan efisien atau tidak biasanya didasarkan
pada tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.
6. Analisis Pelayanan ( Service )
Peningkatan
pelayanan memperlihatkan kategori yang beragam. Proyek yang dipilih merupakan
peningkatan pelayanan yang lebih baik bagi manajemen (marketing), user dan
bagian lain yang merupakan simbol kualitas dari suatu sistem informasi.
P (Performance) = kinerja sistem ( throughput, response time)
I (Information) = informasi yg disajikan ( outputs, inputs, penyimpanan data)
E (Economics) =
benefit yg dapat diraih ( Costs, benefit)
C (Control) =
keamanan sistem.
E (Efficiency) =
efisiensi orang dan proses ( pengguna, mesin, people)
S (Service) =
layanan yang diberikan
Kerangka Pemecahan Masalah PIECES
PERFORMANCE
1.Produksi
- jumlah kerja seiama periode waktu
2.Waktu
respons - penundaan waktu rata-rata antara transaksi atau permintaan dengan
respons ke transaksi
INFORMATION
A.
Output
1.Kurangnya
informasi yang relevan dan diperlukan
2.Kelebihan
Informasi
3.Informasi
dalam bentuk frmat yang tidak berguna
4.Informasi
tidak akurat
5.Informasi
yang sulit diproduksi
6.Informasi
yang tidak tepat waktu dan penggunaannya
B.
Input
1.
Data tidak dapat di-capture
2.
Data tidak di-capture secara akurat - terdapat error
3.
Data di-capture secara berlebihan - data yang sama dicapture lebih dari sekali
4.
Data ilegal di-capture
C.
Data Tersimpan
1.Data
disimpan secara berlebihan dalam banyak file
2.ltem-item
data sama memiliki nilai-nilai berbeda, dalam file-flle berbeda
3.Data
tersimpan tidak akurat
4.Data
tidak aman dari vandalisme
5.Data
tidak diorganisasikan dengan baik.
6.Data
tidak fleksibel - tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan informasi baru dari data tersimpan
7.Data
tidak dapat diakses
ECONOMICS
Biaya
1.
Biaya tidak diketahui
2.
Biaya tidak dapat dilacak ke sumber
3.
Biaya terlalu tinggi
Keuntungan
1.
Pasar-pasar yang baru dapat dieksplorasi
2.
Pemasaran saat ini dapat diperbaiki
3.
Pesanan-pesanan dapat ditingkatkan
CONTROL (dan Keamanan)
A.
Kontrol Keamanan Lemah
1.
Input data tidak diedit dengan cukup
2.
Adanya potensi kejahatan
3.
Adanya potensi pelanggaran Etika dam privacy
4.
Data tersimpan secara berlebihan
5.
Error pemrosesan terjadi oleh manusia, mesin atau perangkat lunak
6.
Error pembuatan keputusan terjadi
B.
Kontrol Keamanan Berlebihan
1.
Sistem menjadi lamban
2.
Pengendalian berlebihan shg mengganggu karyawan dan pelanggan
EFFICIENCY
1.
Penggunaan komputer, orang atau mesin membuang waktu
2.
Penggunaan komputer, orang atau mesin membuang material
SERVICE
1.
Sistem menghasilkan produk yang tidak akurat atau tidak konsisten ataupun tidak
dapat terpercaya
2.
Sistem tidak mudah dipelajari atau tidak mudah digunakan
3.
Sistem tidak fleksibel untuk berubah
4.
Sistem tidak kompatibel dengan sistem lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar